Beberapa Tips Yang Perlu Dilakukan Untuk Menghemat Listrik Rumah Tangga

grosirspreistar – Listrik menyumbang sebagian besar dari banyak biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan. Tentu saja, satu keluarga berbeda dengan keluarga lainnya. Semakin banyak perangkat elektronik yang digunakan maka semakin besar pula konsumsi daya yang harus digunakan.

Beberapa Tips Yang Perlu Dilakukan Untuk Menghemat Listrik Rumah Tangga

Terkadang, biaya listrik akan terus meningkat setiap bulannya. Tentu saja, hal semacam ini membuat frustasi, bukan? Anggaran bulanan yang digunakan untuk kebutuhan lain seharusnya digunakan untuk membayar tagihan listrik yang semakin meningkat.

Ini karena konsumsi daya yang tinggi. Nyatanya, mungkin memang tidak perlu mengonsumsi listrik. Nah, Anda sebenarnya bisa mencoba cara sederhana untuk mengurangi tagihan listrik Anda. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Gunakan air panas saat menanak nasi dengan rice cooker

Memiliki penanak nasi di rumah pasti akan membantu, karena dengan begitu Anda tidak perlu memasak di dapur. Anda hanya perlu mencuci beras dan memasukkannya ke dalamnya, lalu menambahkan sedikit air lagi. Sambil menunggu pemasakan, Anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya.

Alat tersebut menggunakan energi listrik untuk mengubahnya menjadi panas, sehingga nasi matang. Oleh karena itu, untuk mengurangi konsumsi daya, air panas harus digunakan saat menanak nasi. Dengan cara ini, rice cooker tidak membutuhkan waktu lama untuk memanaskan air.

2. Gunakan listrik prabayar

Bagi masyarakat yang ingin menghemat listrik, cara ini sebenarnya sangat efektif. Jika selama ini Anda menggunakan pascabayar, coba gunakan listrik prabayar sebagai gantinya. Dengan cara ini, Anda dapat lebih mengontrol jumlah daya yang dibutuhkan.

Tidak lagi terlalu banyak mengonsumsi listrik, sehingga Anda dapat membeli token listrik sesuai kebutuhan. Secara tidak langsung, hal ini akan memudahkan Anda untuk mengontrol sendiri konsumsi listrik di rumah.

3. Cabut steker listrik jika tidak digunakan

Kebiasaan tidak mencabut kabel saat tidak menggunakan perangkat elektronik rupanya juga berdampak pada tagihan listrik. Mungkin sedikit orang yang mengira jika kabel ini tidak digunakan maka tidak akan memakan daya. Sayangnya, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Steker kabel yang dimasukkan masih mengkonsumsi daya. Oleh karena itu, setelah mengisi daya ponsel, harap segera cabut, bukan sekadar mencabut ujung kabel yang tertancap ke ponsel. Begitu pula saat menonton TV atau laptop. Jika tidak digunakan, segera cabut kabel listriknya.

4. Gunakan lampu sesuai kebutuhan

Pencahayaan dalam rumah sangat penting, maka untuk mencapai pencahayaan tersebut diperlukan pencahayaan terutama dari sore hingga malam hari. Cara hematnya adalah dengan mematikan lampu dalam ruangan (seperti kamar mandi atau ruang tamu) yang tidak disentuh setiap saat. Sama halnya dengan kamar tidur.

Selain menghemat daya, mematikan lampu di malam hari juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Harap juga gunakan lampu LED. Harganya memang lebih mahal, tapi lampu jenis ini lebih diunggulkan untuk pemakaian jangka panjang, karena lebih hemat energi dan tidak terlalu panas.

5. Gunakan daya AC sesuai kebutuhan

Hidup di iklim tropis, Anda tidak bisa tidak menahan siksaan udara panas. Lebih penting lagi, hanya ada sedikit lingkungan hijau di daerah perkotaan. Jika Anda tidak bisa menanam tanaman di pekarangan karena sempitnya lahan, mau tidak mau Anda harus menggunakan AC bukan?

Jika ini masalahnya, maka satu-satunya cara adalah dengan membatasi pemakainya. Saat ini banyak pilihan AC hemat energi, seperti AC yang dilengkapi dengan teknologi inverter. Ini sedikit lebih mahal, tetapi akan membawa keuntungan dalam jangka panjang.

6. Manfaatkan jendela rumah

Tujuan penggunaan AC atau pendingin ruangan adalah agar rumah tinggal dengan nyaman di udara yang sejuk. Inilah pentingnya ventilasi ruangan. Ventilasi memungkinkan udara bersirkulasi di dalam ruangan, sehingga tidak akan pengap. Namun selain itu, jendela atau ventilasi pada ruangan yang cukup luas dapat menjadi sumber cahaya matahari.

Ini berguna untuk penerangan ruangan. Keadaan ini juga bisa lebih menghemat daya, karena penggunaan lampu di siang hari berkurang, bukan? Jika cuaca sangat panas, tutupi tirai untuk mendinginkannya, tetapi tetap biarkan cahaya masuk ke dalam rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *