Cara Kiat Merawat Peralatan Elektronik Agar Tetap Awet

grosirspreistar – Saat Anda membeli elektronik rumah tangga, Anda ingin membuatnya tahan lama. Apalagi jika alat tersebut sangat andal, maka Anda tentunya tidak ingin alat tersebut rusak dan mempersulit Anda dalam melakukan pekerjaan rumah.

Cara Kiat Merawat Peralatan Elektronik Rumah Tangga Agar Tetap Awet

Padahal, ada beberapa trik agar alat elektronik Anda lebih awet. Berikut ini beberapa cara merawat peralatan elektronik rumah tangga agar tetap awet.

1. Bersihkan sebulan sekali

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan setiap peralatan.

Jeff Neal, manajer proyek Capital Coating Mengatakan : “Gemuk, kotoran, serpihan, arang, dan kontaminan lainnya menumpuk di bagian atas peralatan. Seiring waktu, endapan ini akan menelan dan menghancurkan substrat logam, sehingga merusak peralatan. Ia menambahkan bahwa sebagian besar pemilik rumah hanya perlu menggunakan degreaser dan sikat bulu yang kaku.

2. Jangan terlalu sering digunakan

Terkadang, cara termudah untuk memperpanjang umur peralatan adalah dengan mematikannya. Dengan begitu, saat pulang ke rumah, ruangan akan menjadi sejuk dan nyaman. Kebiasaan ini mungkin tidak langsung dihilangkan, tetapi alat elektronik tersebut nantinya akan cepat rusak. Untuk ini, gunakan elektronik rumah sesuai kebutuhan.

3. Gunakan program pengatur waktu

Jika perangkat elektronik Anda dilengkapi dengan timer, silakan atur dan lakukan waktu yang telah diprogram sehingga Anda dapat mengatur waktu kapan perangkat harus dihidupkan bahkan saat tidak di rumah.

Lee berkata: “Pengatur waktu yang dapat diprogram sering diabaikan padahal fitur tersebut sangat berguna.”

“Kebanyakan AC sekarang punya fitur ini, dan pemilik rumah bisa memanfaatkannya untuk menyalakan AC sebelum mudik. Beberapa model anyar bahkan bisa diakses dari jarak jauh dan bisa diaktifkan lewat Wi-Fi menggunakan ponsel. Lanjutnya, ada tidak ada alasan untuk membiarkan AC menyala saat Anda pergi.

4. Gunakan sabun yang tepat

Baca buku manual untuk peralatan elektronik, terutama mesin cuci.

“Gunakan sabun yang tepat,” kata Abe Navas, manajer umum Emily’s Maids, layanan kebersihan rumah tangga di Dallas, Texas.

“Kadang-kadang, jika Anda sedang terburu-buru, Anda mengira bisa memasukkan sabun ke dalamnya, tetapi itu tidak benar. Lama kelamaan, beberapa sabun dapat menyumbat dispenser sabun. Coba gunakan jenis sabun yang direkomendasikan oleh produsen,” Dia melanjutjan.

5. Jangan lupa merawat vacuum cleaner

Penyedot debu atau vacuum cleaner perlu perawatan rutin, terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan.

Matt Clayton, pendiri dan pemimpin redaksi Pet Hair Patrol, menyarankan agar tidak membiarkan wadah sampah di penyedot debu berisi penuh dengan bulu dan kotoran hewan peliharaan.

Dia berkata: “Ini akan menghalangi aliran udara dan menyebabkan vakum menjadi terlalu panas.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *