Peralatan Rumah Tangga Tradisional Yang Masih Digunakan Sampai Saat Ini

Peralatan Rumah Tangga Tradisional Yang Masih Digunakan Sampai Saat Ini

Peralatan Rumah Tangga Tradisional Yang Masih Digunakan Sampai Saat Ini

Mereka yang lahir di era 90an kebawah, pasti mengenal lebih dari satu perabot dapur lawas. Terbuat berasal dari tanah liat, batu, atau yang terbuat berasal dari tanaman. Penggunaannya terhitung terbilang sederhana, tanpa listrik. Tak hanya itu, perabot tradisional lebih awet kecuali dibandingkan bersama yang elektronik.

Meski tidak semua, perabot rumah tangga tradisional perlahan tergeser bersama teknologi terkini. Produk yang serba peranan dan praktis. Berikut lebih dari satu perabot rumah tangga lawas beserta fungsinya. Tak menutup mungkin rumahmu masih menggunakannya sementara ini.

1. Dandang, alat untuk memasak nasi

Sering diugnakan untuk memasak nasi, dandang tenar sebelum akan Kedatangan rice cooker. Terbuat berasal dari tembaga dan aluminium. Kini, banyak pedagang yang menjajakan dandang stainless steel. Dulunya, dandang diandalkan banyak orang untuk mengukus dan merebus. Termasuk untuk memasak nasi, mengukus ubi, singkong, pisang, dan lainnya.

Meski hingga sementara ini masih banyak dipakai di banyak rumah tangga, peran dandang perlahan tergantikan bersama Kedatangan rice cooker. Meski elektronik lebih cepat dan praktis, kadang nasi yang dimasak gunakan dandang mempunyai rasa yang lebih enak. Entah hanya perasaan saja, mungkin usaha lebih saat gunakan dandang menyebabkan orang merasakan perihal tersebut.
Taruhan Bola
2. Cobek, menumbuk bumbu masakan

Sebelum blender tenar digunakan di banyak dapur rumah tangga di Indonesia, cobek memegang peran penting di dalam memasak. Merupakan alat tradisional untuk menghaluskan racikan bumbu masakan. Cobek tradisional umumnya terbuat berasal dari kayu keras, keramik, atau batu. Berdiameter 8 hingga 40 centimeter bersama tiga macam ukuran, yaitu kecil, sedang dan besar.

Sampai sementara ini, cobek masih digunakan industri farmasi sebagai wadah sementara meracik obat. Baik di rumah maupun pedagang makanan seperti gado-gado dan ketoprak, masih memakai cobek dan ulekan batu ini. Di Indonesia, perabot dapur penting yang satu ini nampaknya masih akan digunakan hingga puluhan tahun kedepan.

3. Kendi, wadah air minum

Perabot yang satu ini mungkin tidak diketahui anak era now. Sudah jarang digunakan, kecuali di desa dan rumah makan bernuansa tradisional. Terbuat berasal dari tanah liat. Kendi merupakan area air bercerat yang digunakan di banyak negara, terhitung di Mesir, Jepang, Thailand, China dan Indonesia.

Memiliki makna sebagai wadah penyimpanan air minum. Bentuknya berbeda-beda di tiap daerah. Disesuaikan bersama sejarah dan budaya. Biasanya, kendi di Indonesia terbuat berasal dari tahan review mempunyai gagang untuk pegangan tangan sementara diangkat. Kini pemanfaatan kendi telah digeser oleh wadah kaca, plastik, atau dispenser elektronik.

4. Kerajinan batok kelapa

Pohon kelapa mempunyai ragam manfaat. Mulai berasal dari akar, batang, buah, daun, tempurung hingga pelepah kelapa. Salah satunya, tempurung kelapa dijadikan sebagai gayung mandi ataupun alat memasak.

Kebanyakan orang memakai gayung kelapa untuk acara siraman jelang pernikahan. Selain itu, terhitung banyak yang memakai gayung kelapa untuk perlengkapan mandi atau dipakai sebagai alat makan di restoran tradisional.

Perabot berasal dari batok kelapa kini banyak digunakan sebagai wadah air minum kekinian. Fungsinya yang telah tergantikan, menyebabkan perabot berasal dari batok kelapa lebih kerap ditemukan sebagai pajangan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *